Pengguna internet desa sering kali ditinggalkan dalam kedinginan ketika datang ke akses Internet berkecepatan tinggi. Bagi banyak orang, mereka terpaksa menggunakan akses dial-up yang ketinggalan jaman dan sangat lambat karena penyedia layanan Internet, bersama dengan perusahaan telepon dan kabel tidak ingin berinvestasi dalam infrastruktur yang diperlukan untuk membuat pengguna Internet pedesaan di jalur cepat.

Akibatnya, banyak pengguna pedesaan terjebak dengan koneksi dial-up lambat yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengunduh dokumen dan file. Seringkali perusahaan telepon dan kabel terlalu jauh untuk menjaga koneksi. Tetapi ada solusinya, dan perusahaan-perusahaan satelit melangkah untuk mengisi kekosongan kecepatan tinggi di pedesaan Indonesia. Kota-kota bagian dan lokal juga membantu dengan prakarsa-prakarsa terkemuka untuk menghadirkan layanan internet desa bagi masyarakat pedesaan dan menantang penyedia untuk memberikan solusi yang adil, mudah diakses, dan terjangkau bagi pengguna pedesaan. Sementara ISP mungkin tidak melompat ke panggilan, perusahaan satelit menawarkan akses internet desa kecepatan tinggi yang komprehensif untuk pelanggan pedesaan mereka dengan harga yang kompetitif.

Penyedia satelit sering datang untuk menyelamatkan populasi pedesaan. Ketika TV kabel menutup banyak penduduk pedesaan, antena parabola menjadi hal yang biasa di masyarakat pedesaan seperti traktor. Sementara perusahaan telepon dan kabel belum memperluas layanan broadband di luar daerah perkotaan dan pinggiran kota karena mereka tidak melihat keuntungan dari investasi semacam itu, penyedia layanan internet desa satelit membawa teknologi itu ke rumah, bisnis, dan lembaga pendidikan.
Akses internet sama pentingnya dengan daerah pedesaan seperti halnya ke sektor perkotaan dan pinggiran kota. E-commerce dilakukan di seluruh negeri, dan toko negara kecil yang ingin memperluas usaha online dapat melakukannya, berkat penyedia Internet satelit.

Sekolah-sekolah pedesaan juga mendapat manfaat dari layanan internet desa. Mereka membutuhkan teknologi terbaru untuk tetap kompetitif dengan sekolah lain di seluruh negeri, dan mereka juga harus memiliki akses ke informasi terbaru. Sekolah dapat berbagi informasi satu sama lain dalam jarak yang jauh, dan distrik sekolah pedesaan sering tersebar. Akses internet desa kecepatan tinggi memungkinkan mereka untuk merampingkan kurikulum mereka, memperluas pendidikan komputer di ruang kelas, dan menghasilkan lebih banyak siswa yang mengerti teknologi. Penyedia Internet satelit menyediakan akses berkecepatan tinggi dengan harga yang bersaing, dan mungkin hanya perusahaan telepon dan kabel yang kehilangan segmen pasar utama. Banyak komunitas mengumpulkan liputan mereka dan satu hidangan dapat mencakup banyak rumah tangga dan bisnis.